Rabu, 07 Juli 2010

Sapi Gratis untuk Keluarga Tidak Mampu

PURWAKARTA, Pantura News—Ratusan keluarga tidak mampu di Kabupaten Purwakarta, Jabar, memperoleh hewan sapi gratis untuk meningkatkan kesejahteraan di bidang peternakan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta.

KEPALA Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta Heri Herawan, beberapa hari lalu, menyebutkan, jumlah sapi yang akan dibagikan kepada masyarakat tidak mampu itu sebanyak 232 ekor yang tersebar di 17 kecamatan se-Kabupaten Purwakarta.

Heri menjelaskan, pengadaan sapi yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Purwakarta 2010 yang mencapai Rp 2 miliar lebih merupakan program pemerintah untuk terlaksananya pemberdayaan warga, terutama warga tidak mampu, melalui bidang peternakan.

Progam ini dilaksanakan melalui seleksi administrasi dan langsung dari data warga miskin kabupaten dengan melibatkan pihak desa serta lembaga masyarakat. "Seleksinya diarahkan buat mereka yang tidak mampu, yang memiliki kemauan keras, dan kemampuan yang mencukupi," tutur Heri.

Ia menyebutkan, jumlah sapi yang disediakan 232 ekor dengan ukuran masing-masing 300 kilo/ekor sapi. Sapi ternak itu akan dipelihara dan dikembangbiakkan secara mandiri oleh penerima bersamaan dengan kelompok ternak penerima. "Kalau berhasil ternaknya, kompensasi bagi penerima mencapai 70 persen," ucapnya.

Sementara itu, Direktur PT Aruni Sejahtera Abadi H Arif Rakhman mengatakan, pengadaan sapi bagi warga tidak mampu itu merupakan sapi ternak pilihan yang didatangkan sesuai kebutuhan pemerintah.

"Tahap pertama telah didatangkan 59 ekor, lalu pengiriman kedua 44 ekor. Hewan ini sebelumnya sudah diteliti oleh tim dokter kami sebagai rekanan dan Dinas Kesehatan Purwakarta," paparnya. AJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar